DAFTAR BERITA

Search this blog

Google Translator

Jumat, 26 Maret 2010

Arab Saudi Tangkap Ratusan Militan Al-Qaedah



Pasukan khusus Saudi (AFP}
 
 
 Riyadh - Otoritas Arab Saudi telah menangkap total 113 militan Al Qaeda yang berencana melakukan serangan-serangan di dalam negeri itu. Keseluruhan militan tersebut tergabung dalam tiga kelompok jaringan Al Qaeda.
 
Menurut Kementerian Dalam Negeri Saudi, seperti dilansir AFP, Kamis (25/3/2010) dari tiga kelompok Al Qaeda tersebut, satu kelompok terdiri dari 101 orang dan dua sel lainnya terdiri dari masing-masing enam militan.
 
Mereka terdiri dari 47 warga Saudi, 51 warga Yaman, 1 warga Somalia, 1 warga Bangladesh dan 1 warga Eritrea yang tergabung dalam satu kelompok. Dua kelompok lainnya terdiri dai 11 warga Saudi dan seorang warga Yaman.
 
Dalam operasi yang dilancarkan pasukan Saudi, selain penangkapan militan-militan tersebut, juga disita senjata-senjata, amunisi, komputer, kartu telepon pra-bayar, uang tunai dan dokumen-dokumen.

Menurut juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Mansur al-Turki, salah satu target serangan militan adalah sejumlah instalasi minyak di Saudi timur.

"Jaringan tersebut menargetkan instalasi-instalasi minyak di wilayah timur dan telah memiliki rencana yang siap dilakukan," kata al-Turki pada televisi satelit Al-Arabiya yang berbasis di Dubai.

Keberadaan kelompok Al Qaeda tersebut terbongkar berkat investigasi yang dilakukan setelah tiga tersangka militan Al Qaeda, dua di antaranya berpakaian seperti wanita, mencoba masuk ke Saudi akhir Oktober lalu dengan membawa bahan peledak. Kedua orang yang berpakaian seperti wanita itu tewas dalam baku tembak di perbatasan dan orang ketiga berhasil ditangkap.

Menurut pejabat Kementerian Dalam Negeri Saudi, warga-warga asing dalam kelompok militan tersebut masuk ke Saudi dengan dalih untuk mencari kerja atau untuk mengunjungi kota-kota suci Islam di Mekkah dan Medinah.

Sumber : detiknews.com

0 comments:

Posting Komentar

 

© Newspaper Template Copyright by Headline News | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks